News portal

Delapan Seismograf di Jabar dalam Kondisi Baik

CB online >> Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memastikan bahwa seismograf atau alat untuk mengukur dan mencatat gempa bumi yang dipasang di Jawa Barat masih dalam kondisi baik. Di sejumlah wilayah di Jabar, BMKG memasang delapan seismograf.


Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menyebutkan, seismograf tersebut terdapat di Garut, Bogor, Cianjur, Bandung, Majalengka, Lembang, Sukabumi dan Cisarua. Seismograf tersebut, kata dia, juga dapat merekam gempa di luar Jabar.
Sumber gambar google


"Kami, BMKG bertugas melaksanakan monitoring gempa bumi tektonik dengan alat seismograf jenis broadband yang berbentuk jaringan. Alat ini dapat merekam semua kejadian, baik gempa dekat dan gempa jauh di Jabar. Kami pastikan pula semua alat berfungsi dengan baik," kata Tony, melalui pesan singkat, Jumat, 5 Oktober 2018.
Dia menyatakan, alat seismograf tersebut terhubung ke sistem analisa gempa bumi. Hasil analisa kemudian disampaikan berupa info gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Informasi itu langsung disebarluaskan melalui media sosial aplikasi BMKG di sistem Android maupun iOS.
"Info gempa dan peringatan dini tsunami itu dapat diakses masyarakat melalui media sosial, seperti Facebook dan Twitter melalui akun Info BMKG. Bisa juga melalui aplikasi Info BMKG di Android serta iOS. Dengan demikian, masyarakat bisa langsung mengetahui apabila ada kejadian gempa bumi," ucapnya.
Kendati demikian, Tony menjelaskan, seismograf tersebut tidak bisa untuk meramal kapan kejadian gempa akan terjadi. Di seluruh tempat di dunia, kata dia, belum ada alat untuk meramal kejadian gempa. Pun demikian dengan ilmu yang dapat menentukan waktu terjadi gempa.



Labels: berita, Regional

Thanks for reading Delapan Seismograf di Jabar dalam Kondisi Baik. Please share...!

0 Comment for "Delapan Seismograf di Jabar dalam Kondisi Baik"

Back To Top